April 18, 2024

Masakan lokal Manado terkenal seraya bumbunya yang lezat dan terutama pedas, menjadi alasan kedua banyak wisatawan memilih berkunjung langsung ke Manado.

Karena kombinasi lezatnya dibuat dengan cermat serta penggunaan bumbu atau rempah beraroma seperti bawang putih, jahe, lengkuas, daun kemangi, juga serai yang memberikan cita rasa unik nan tidak terlupakan.

Meskipun terkenal akan makanan sangat pedasnya, Anda pemilik lidah dan perut tidak bisa menahan makanan pedas dapat yakin bahwa banyak hidangan tidak pedas, namun bumbu pedas selalu tersedia.

Masakan Khas Manado ini Harus Anda Coba

Manado merupakan kota di Sulawesi Utara bagian dari wilayah Minahasa Indonesia, dapat dijangkau melalui penerbangan ke Bandara Internasional Sam Ratulangi dari negara atau kota lain.

Masakan daerah ini terkenal dengan keragaman dan keasliannya; biasanya disebut sebagai “masakan lokal” karena memiliki rempah-rempah kuat, bumbu sangat panas, kue pengaruh Eropa, serta daging ekstrem. Saat berkunjung ke Manado, Anda wajib mencicipi beberapa kuliner khasnya yang lezat seperti di bawah ini:

  1. Nasi Jaha

    Ketan dan santan dipadukan untuk membuat hidangan tradisional Sulawesi Utara, nasi jaha, yang kemudian dipanggang di dalam batang bambu lalu dilapisi daun pisang.

    Penggunaan rempah-rempah membuat nasi jaha sebagai masakan lokal Manado menjadi sajian paling sedap. Mungkin ada daerah lain di Nusantara yang berkaliber, hanya saja dikenal dengan nama berbeda.

    Masakan ini, meski dianggap sebagai makanan kuno, mudah didapat saat perayaan hari raya sekaligus upacara adat. Orang sering memilih untuk menyantap nasi jaha karena rasanya dan prosesnya cukup unik.

  2. Tinutuan

    Bubur Manado, sebutan umum untuk masakan vegetarian ini, merupakan perpaduan istimewa antara bahan gurih nan pedas dengan sedikit kesegaran. Terkadang juga disajikan beserta tambahan mie dan potongan ikan asin.

    Bubur Tinutuan yang sering menjadi menu pagi hari kini bahkan menjadi salah satu ikon kota, sampai-sampai nama Kota Manado juga dipakai untuk itu. Penampilan masakan lokal Manado nya sangat mirip tumpukan besar sayuran di atas semangkuk nasi, berbeda dengan bubur ayam pada umumnya yang warnanya agak kekuningan.

    Bahan-bahannya antara lain labu kuning, ubi jalar, singkong, kangkung, jagung, bayam, dan beberapa sayuran lainnya. Garam, daun salam, jahe, bawang putih, serai digunakan untuk membumbui sayuran ini.

  3. Paniki – Tumis Kelelawar

    Masakan unik yang dibuat dari kelelawar disebut paniki. Daging dan tulangnya dimasak dengan berbagai cara menggunakan bumbu pedas setelah kulit hewannya dikeluarkan. Bawang merah, bawang putih, cuka, merica, kecap asin kemudian dapat ditambahkan ke dalam wajan untuk menumis makanan. Ini adalah masakan lokal Manado yang terkenal.

    Tidak semua kelelawar digunakan untuk menyiapkan hidangan ini. Hanya kelelawar buah yang sering mengonsumsi berbagai macam buah-buahan, termasuk durian, nangka, itu dianggap cukup menggugah selera untuk dimasak. Ada pendapat bahwa rasa paniki sebanding dengan rasa bebek atau ayam. Karena populasi kelelawar buah menurun, maka di beberapa daerah makanan ini dianggap sebagai makanan mewah.

  4. Klappertaart

    Makanan penutup lezat ini menggambarkan Manado dengan cara yang khas. Disebut sederhananya adalah coconut tart, klappertaart adalah makanan penutup khas Belanda asli berasal dari Sulut. Ada banyak masakan daerah di Indonesia karena letak geografis kepulauannya luas kemudian seringnya kontak dengan penduduk lain, hingga akhirnya memunculkan penggabungan makanan baru.

    Ini adalah pai custard manis dengan isian daging kelapa muda yang baru diiris serta irisan panjang tepung putih telur, di atasnya diberi kenari juga kismis bersama sedikit rum. Masakan lokal Manado ini terbaik untuk mendinginkan mulut dan melengkapi makanan Anda. Hanya kota ini yang menawarkan potongan kelapa muda segar dalam pai ini.

    Karena tampilannya kini lebih kekinian kemudian klapertart awalnya berisi rum, jajanan ini memang berbeda dengan kue tradisional Indonesia lainnya dan harus disimpan di lemari es untuk menjaga kesegaran aslinya.

  5. Halua Kenari

    Jajanan ini sebenarnya terbuat dari biji kenari yang dipanen dari pohon kenari. Banyak pecinta kuliner menikmati rasa manis luar biasa dari masakan lokal Manado, yang membuatnya cukup populer. Rasa kacang berlapis gula merah khas kota ini memang melegenda. Bentuknya menyerupai bongkahan batu amorf dan teksturnya tampak kasar, namun bila dicicipi rasanya enak.

    Kualitas unik dari kenari adalah kandungan lemaknya yang rendah, sehingga ideal untuk rencana diet. Dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, bijinya unik. Selain itu, kenari juga kaya akan protein.

Kenikmatan gastronomi tidak biasa dari Sulawesi Utara mungkin akan membuat jijik sebagian masyarakat. Salah satu hidangannya adalah Paniki, hidangan kelelawar klasik yang diolah dengan santan dan cita rasa daerah.

Meskipun beraneka ragam, makanan Indonesia tetap mempertahankan ciri khas Nusantaranya. Tradisi ini dapat dikenali pada beberapa masakan seperti tinutuan, nasi jaha, paniki, klapertaart, dan halua kenari dalam masakan lokal Manado.