May 19, 2024

Mobil listrik keluarga merupakan pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin terbebas dari kendaraan dengan bahan bakar minyak. Karena menurut pengamat dan pengalaman, kalau menghitungnya secara mendalam lebih terjangkau.

Menariknya, sampai saat ini pasar otomotif Indonesia sedang bergeliat mengenai kendaraan listrik. Hampir semua pabrikan selalu memperkenalkan jagoan terbarunya, sampai-sampai bingung mau pilih mana.

Harus diakui dari segi keamanan, kenyamanan, handling, interior dan eksterior mobil listrik tidak kalah dengan konvensional. Bahkan, beberapa pabrikan memberikan performa lebih sehingga, siapa saja pasti terpikat.

Pilihan Mobil Listrik Keluarga yang Aman dan Nyaman

Perkembangan mobil listrik memang begitu menyenangkan, setiap pabrikan seakan tidak ingin melewatkan pertarungan di segmen ini. Tidak heran bila sampai sekarang pilihannya benar-benar melimpah, sehingga sulit mau memutuskan.

Coba dibandingkan satu dan lainnya tetap saja, mengalami kesulitan dalam menentukan mau beli mana. Jika Anda termasuk salah satunya tenang saja, kami akan memberikan beberapa rekomendasinya, seperti di bawah ini

  1. Citroen e-C4

    Mobil listrik keluarga Citroen e-C4 merupakan kendaraan dengan tampilan mengesankan. Terlihat modern dan sporty, karena bentuknya sendiri adalah body coupe crossover yang membuatnya terlihat sangat menarik.

    Pabrikan membekalinya dengan motor listrik yang berdaya 136 hp sehingga mampu menghasilkan torsi sebesar 136 Nm. Sehingga mampu memacu kecepatan 100 km/jam dalam waktu 9 detik saja.

    Mereka klaim bahwa kecepatan maksimalnya menempuh 150 km/jam. Untuk baterainya sendiri punya kapasitas 50 kWh mampu menempuh jarak hingga mencapai 350 km dalam satu kali pengisian.

    Citroen e-C4 juga menghadirkan teknologi mumpuni terutama untuk sistem keamanannya. Mereka sudah menyematkan ADAS system yang meliputi berbagai fitur seperti city stop hingga blind spot detection.

  2. Toyota bZ4X

    Mobil listrik keluarga pertama yang kami rekomendasikan adalah Toyota bZ4X. Merupakan kendaraan dengan jenis SUV, tampil menawan karena desain sporty dengan tarikan garis depan yang tegas.

    Kendaraan ini mempunyai daya 204 dk, torsi 266 Nm. Tidak heran kalau 0-100 km/jam hanya ditempuh dalam kurun waktu 8,3 detik saja, cukup cepat bukan?

    Kapasitas baterainya 71,4 kWh dan mampu melaju hingga 500 km hanya dalam sekali pengisian baterai. Dari segi keselamatan, sudah tidak diragukan lagi karena Toyota menyediakan fitur TSS 3.0.

    Satu lagi yang patut menjadi perhatian adalah ground clearance mencapai 210 mm. Jarak ini memang cukup tinggi karena saat melintas di jalan bergelombang tetap aman saja, terutama pada bagian bawah.

  3. Lexus UX300e

    Harus diakui dari beberapa mobil listrik keluarga yang kami rekomendasikan, Lexus UX300e ini merupakan kendaraan dengan harga paling tinggi. Karena nilainya sendiri mencapai miliaran rupiah, cukup fantastis memang.

    Walau begitu, UX300e terasa sangat spesial karena, merupakan kendaraan pertama Lexus dengan kapasitas listrik yang di jual di kawasan Asia Tenggara. Bukan hanya itu, dari perfoma juga cukup mengesankan.

    Mampu menghasilkan tenaga sebesar 201 hp dengan torsi mencapai 300 Nm. Selain itu kapasitas baterainya sekitar 54,35 kWh sehingga dalam sekali mengisi mampu melaju sampai 300 km.

    Dari sisi keselamatan pabrikan sudah melengkapinya dengan 8 SRS airbag, ada panoramic monitor sampai blind spot sistem. Selain itu tersedia juga lexus saftey system untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya.

  4. Nissan Leaf

    Pilihan Mobil listrik keluarga selanjutnya adalah Nissan Leaf dengan tipe hatcback. Kendaraan ini hadir dengan berbagai fitur yang canggih dan menggoda, terutama pada sistem keamanan dan keselamatannya.

    Dari segi daya mampu mengeluarkan sekitar 150 PS dengan torsi 320 Nm, mereka menggunakan lithium-ion 40 kWh. Jarak tempuhnya dalam satu kali mengisi daya kurang lebih 311 km.

    Poin menarik dari Nisaan Leaf adalah adalah hadirnya Nissan e-Pedal. Dengan begini pengemudi menjadi lebih mudah dalam melakukan akselerasi, deselerasi, sampai berhenti dengan melakukan penambahan atau pengurangan tekanan pedal.

  5. Hyundai IONIQ 5

    Mobil listrik keluarga berikutnya adalah Hyundai Ioniq 5, menjadi satu-satunya kendaraan yang perakitannya dilakukan di Indonesia. Hal paling menarik di sini adalah sisi interiornya, terutama pada bagian jok.

    Bagian tersebut dilapisi dengan ekstrak tumbuhan dan biji rami. Bukan hanya itu, kesan alami juga terasa pada bagian kabin, karena terbuat dari bio tebu, benang poli, wol dan bahan tenun.

    Hyundai IONIQ 5 memiliki dua pilihan baterai, utamanya mempunyai daya 58 kWH, mempunyai tiga sumber penggerak. Sementara satunya lagi 72,5 kWH, dengan 4 penggerak roda.

    Kendaraan ini tidak bisa dianggap remeh karena, kedua baterai tersebut sudah dilengkapi dengan multi charging. Untuk kecepatannya sendiri mampu mencapai 185 Km/Jam. Untuk angka mobil listrik cukup cepat.

Melihat kondisi bumi yang semakin panas, tenaga listrik adalah alternatif dan solusi tidak heran semua pabrikan mulai konsen menawarkannya. Kalau Anda dari rekomendasi mobil listrik keluarga di atas pilih mana?