July 15, 2024

Rekomendasi layanan cloud storage biasanya diperlukan saat memori internal perangkat menjadi terbatas. Namun, sebagian orang lebih mengenal GDrive atau Google Drive untuk penyimpanan internal. Selain GGdrive, ternyata ada beberapa cloud terbaik yang bisa menjadi andalan Anda. Tentu saja, semua cloud storage ini gratis, Anda bisa bebas pilih yang terbaik.

Adanya penyimpanan gratis ini membuat anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Jadi anda tidak perlu takut kalau penyimpanan penuh, masukkan saja file tersebut ke cloud storage. Bagi kalian yang cuman menggunakan Google Drive, maka bisa mencoba beberapa cloud storage ini.

Rekomendasi Layanan Cloud Storage Terbaik

Penyimpanan atau Cloud storage merupakan tempat penyimpanan file yang berbentuk komputasi awan. Pada penyimpanan ini, kapasitas yang diberikan tergantung dari aplikasinya, mulai dari 10 GB hingga limit terbesar.

Tentu, sebagian besar layanan cloud yang digunakan untuk mengupgrade haruslah berbayar. Namun, tidak semuanya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cloud secara gratis, seperti di bawah ini:

  1. NordLocker

    Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang IT adalah Nord. Selain menyediakan layanan cloud storage bernama NordLocker, perusahaan ini juga memberi nama VPN dengan sebutan NordVPN.

    Enkripsi NordLocker dari ujung ke ujung juga terjadi melalui lokal. Jadi untuk seluruh file yang Anda simpan akan lebih aman. Anda juga bisa menyimpan dokumen dan file hingga 3 GB secara gratis.

  2. pCloud

    pCloud akan memprioritaskan keamanan file para pengguna, hal ini terbukti memiliki enkripsi zero-knowledge. Artinya, layanan cloud storage satu ini tidak bisa melihat file Anda. Jadi hanya Anda yang bisa mengakses seluruh file tersimpan. Anda juga bisa melakukan kolaborasi dan berbagi terhadap file terkait.

    Selain itu, layanan cloud storage ini juga bisa mengakses dari perangkat berbeda. Versi gratis pCloud hanya mempunyai penyimpanan sekitar 10 GB saja. Namun, versi berbayarnya sudah memiliki berbagai macam fitur seperti enkripsi ekstra, media player bawaan serta dukungan akses offline.

  3. SpiderOak One Backup

    Selanjutnya, ada layanan penyimpanan cloud yang memberikan fitur keamanan kelas atas adalah SpiderOak One Backup. Layanan cloud storage satu ini sudah terhubung dalam satu akun. Sehingga punya opsi backup fleksibel dan tidak membatasi banyaknya PC.

    Namun, biaya langganannya cukup mahal daripada penyimpanan lain, namun sudah cukup sempurna untuk pengguna. Hal ini karena sudah memiliki banyak perangkat. Layanan ini juga menawarkan free trial atau sesi uji coba selama 21 hari, cocok bagi yang tertarik namun penasaran ingin menjajal terlebih dahulu.

  4. Tresorit

    Berikutnya, ada Tresorit yang merupakan layanan cloud storage asal Swiss. Sementara itu, untuk semua file yang tersimpan pada layanan cloud ini menyediakan enkripsi end-to-end. Penyimpanan satu ini juga menawarkan fitur keamanan tambahan seperti remote wipe, dan autentikasi dua faktor.

    Hal ini memungkinkan Anda untuk menghapus semua file dari jarak jauh. Versi gratis dari Tresorit menawarkan dua perangkat berbeda dan saling terhubung. Di mana sudah ada dukungan berbagi file hingga 500MB. Selain itu, tersedia juga penyimpanan sebesar 3GB.

  5. Dropbox

    Sejak tahun 2007, layanan cloud storage yang terkenal sebagai Dropbox ini bersifat User-friendly. Penyimpanan satu ini menyediakan berbagai macam fitur seperti password, sinkronisasi pintar dan berbagi atau kolaborasi file.

    Dropbox juga telah terintegrasi dengan berbagai layanan pihak ketiga seperti Microsoft Office, Adobe Creative Cloud, dan aplikasi lainnya. Untuk akun berbayar dari Dropbox akan memberikan penyimpanan mulai dari 2TB dan 2 GB untuk akun gratis.

  6. Mega

    Mega memiliki dukungan berbagi chat, file, folder, meeting dan masih banyak lainnya ke dalam satu platform dengan mengkombinasikan penyimpanan cloud. Selain itu, layanan penyimpanan storage ini juga memproteksi file dengan enkripsi zero-knowledge.

    Sehingga untuk melihat atau mengakses file hanya Anda yang bisa melakukannya. Ketika berbagi file, dalam waktu tertentu, Anda juga bisa membuat password atau link yang kadaluarsa. Karena Mega sendiri memberi akses sepenuhnya atau read-only dan gratis. Untuk penyimpanan gratis dari Mega hanya sebesar 20GB saja.

  7. Sync.com

    Sync.com adalah sebuah layanan penyimpanan storage fokusnya hanya pada privasi dan keamanan. Fungsi dari layanan cloud ini untuk bisa memastikan file tersebut selalu dalam kondisi aman. Untuk semua file yang telah tersimpan, sudah menawarkan enkripsi end-to-end.

    Jadi setiap waktu, fille Anda juga bisa selalu dicadangkan sehingga bisa mengembalikannya apabila terjadi masalah. Misalnya saja seperti kerusakan hardware atau serangan ransomware. Versi gratis dari layanan penyimpanan storage ini akan mendukung berbagi file. Selain itu, juga sudah ada penyimpanan gratis dengan penawaran sebesar 5GB saja.

  8. Microsoft OneDrive

    Saat ini Microsoft OneDrive sudah memiliki berbagai macam fitur yang sama seperti Google Drive. Anda juga bisa membagikannya secara real-time dan menyimpan berbagai macam file. Sebagai aplikasi bawaan OneDrive sudah langsung terpasang, berbeda dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.

    Sementara itu, pada OneDrive untuk file yang tersimpan dalam “brankas”, sudah memiliki fitur Personal Vault. Hal ini berfungsi untuk menawarkan lapisan keamanan ekstra. Versi gratis dari OneDrive memberikan penawaran penyimpanan sebesar 5GB saja.

Jadi bagi Anda yang mempunyai data banyak dan terbatas ruang penyimpanannya, bisa beralih ke penyimpanan ini. Pastikan untuk menggunakan layanan cloud storage yang terbaik, agar menjamin keamanan privasi data Anda.