February 23, 2024

Bagi kesehatan tubuh, olahraga tenis meja memiliki banyak manfaat. Jadi, bukan hanya sekadar dijadikan sebagai ajang perlombaan kejuaraan tingkat nasional dan internasional, sarana menghibur diri atau mengisi waktu luang saja.

Cara memainkan olahraga ini yaitu dengan memukul bola kecil menggunakan bet diatas sebidang meja. Permainannya bisa dilakukan secara tunggal maupun ganda. Berikut akan dibahas mengenai apa saja manfaat dari tenis meja.

Inilah 9 Manfaat Olahraga Tenis Meja bagi Kesehatan Tubuh yang Bisa Diperoleh

Setiap olahraga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut akan terasa bila dilakukan secara rutin dengan teknik yang benar. Begitu juga dengan tenis, inilah 9 manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang bisa diperoleh:

  1. Meningkatkan Konsentrasi

    Manfaat pertama adalah meningkatkan konsentrasi serta melatih fokus. Sebab, permainan ini mengharuskan pemainnya agar selalu fokus memperhatikan arah gerak bola yang sudah dipukul oleh lawan. Selain itu, juga harus fokus memikirkan strategi seperti apa yang tepat untuk mengembalikan bola sekaligus mengalahkan lawan.

    Pada olahraga tenis meja, tempo permainannya cepat. Hal seperti ini membuat Anda harus cepat dalam berpikir serta mengambil keputusan, sehingga fungsi otak senantiasa terasah. Kemampuan berpikir dalam mengatur pergerakan, strategi serta motorik, akan membuat otak terlatih merespons gerakan cepat.

  2. Menurunkan Berat Badan

    Walaupun area permainan pada olahraga satu ini terbilang terbatas, tapi mampu membakar banyak kalori, bergantung pada durasi permainannya. Misalnya, selama satu jam, kalori terbakar bisa mencapai hingga 272 kalori. Olahraga ini merupakan jenis aerobik yang memerlukan oksigen dengan jumlah lebih banyak.

    Permainan ini cukup efektif dalam membakar lemak. Inilah yang membuatnya cocok dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan. Asalkan disertai dengan mengonsumsi makanan serta minuman menyehatkan. Bila menginginkan penurunan berat badan secara signifikan, olahraga tenis meja perlu dilakukan secara rutin.

  3. Meningkatkan Stamina

    Permainan ini mampu meningkatkan stamina atau ketahanan bagi tubuh. Mengenai hal ini, relevan dengan kemampuan bagian otot serta pernafasan harus kuat ketika bermain. Anda harus bergerak cepat mengikuti tempo permainan sembari mengatur nafas dengan baik. Bila sudah terlatih dengan aktivitas seperti ini, stamina tubuh akan secara otomatis meningkat. Selain itu membuat tubuh menjadi tidak mudah merasa lelah.

  4. Menguatkan Otot

    Diperlukan kecepatan sekaligus kelincahan tubuh yang baik ketika memainkan olahraga satu ini agar bisa menangkis bila hasil pukulan lawan. Di mana dalam setiap gerakan akan melibatkan kekuatan otot seluruh tubuh, baik itu belakang maupun depan.

    Beberapa otot yang terlatih selama olahraga tenis meja adalah punggung, paha, betis serta lengan atas. Otot terlatih inilah yang akan membuat kekuatannya semakin meningkat bila rutin dilakukan.

  5. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

    Manfaat lainnya dari permainan bola kecil satu ini yaitu menjaga kesehatan organ jantung. Detak jantung akan berpacu lebih cepat ketika memainkan tenis karena tubuh aktif bergerak menangkis bola hasil pukulan lawan supaya tidak keluar meja.

    Kondisi seperti ini membuat otot jantung menjadi lebih kuat. Bukan hanya sekadar itu saja, beberapa penyakit kardiovaskular yang berbahaya dan kerap dialami, seperti serangan jantung dan stroke bisa dicegah.

  6. Menjaga Kesehatan Mata

    Pada permainan tenis, mata akan terus bergerak cepat mengikuti perpindahan bola. Pergerakan seperti ini akan membuat otot mata terlatih, sehingga fungsinya terjaga dengan baik. Pergerakan mata yang cepat pada olahraga tenis meja juga menurunkan risiko terjadinya rabun jauh serta mata lelah. Agar kesehatan mata senantiasa terjaga, selain bermain tenis, Anda perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik untuk mata.

  7. Mencegah Osteoporosis

    Olahraga ini mampu merangsang pertumbuhan tulang dalam tubuh karena mempunyai efek osteogenik dan intensitasnya termasuk tinggi. Efek seperti ini bisa mengalami peningkatan saat tubuh bergerak menuju arah berbeda dengan jeda beberapa detik.

    Dampak positifnya, tulang menjadi lebih kuat, padat serta menghindarkan diri dari risiko mengalami cedera. Ketika kepadatan tulang senantiasa terjaga, osteoporosis atau pengeroposan tulang dapat terhindarkan.

  8. Melatih Refleks serta Koordinasi Tubuh

    Refleks serta koordinasi tubuh akan terlatih ketika Anda memainkan tenis. Sebab, permainannya mengharuskan untuk bergerak cepat mengikuti arah pergerakan bola. Gerakan cepat dan tepat membuat tubuh menjadi refleks merespons. Selain itu, gerakan dari otot halus serta motorik menjadi lebih baik. Pada olahraga tenis meja koordinasi tangan serta mata memiliki peranan sangat penting dalam mendeteksi keberadaan bola.

    Koordinasi keduanya akan semakin meningkat seiring dengan intensitasnya dalam permainan tinggi. Bila ingin memperoleh hasil koordinasi dan keseimbangan tubuh yang optimal, latihan harus dilakukan secara rutin. Bagaimanapun juga, dalam olahraga ini para pemainan dituntut untuk bisa mempertahankan posisi tubuh yang baik. Tujuannya supaya mampu menghasilkan pergerakan kuat serta efisien.

  9. Mencegah Kepikunan

    Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika memainkan tenis adalah mencegah kepikunan. Sebab, ketika bermain, beberapa bagian otak dalam waktu bersamaan aktif. Bukan hanya itu, risiko kepikunan akibat Alzheimer juga bisa dicegah.

Agar memperoleh seluruh manfaat tersebut secara optimal, lakukan tenis dengan teknik dan cara yang tepat. Sertai juga olahraga tenis meja dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang.