February 22, 2024

Banyak sekali manfaat daun binahong yang jarang diketahui. Nama latin dari daun binahong adalah Anredera cordifolia sebagai tumbuhan merambat. Bentuk daunnya mirip dengan lambang hati dengan ujung lancip yang dapat dimakan. Termasuk negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman bisa bermanfaat sebagai obat.

Manfaat tanaman herbal ini tidak lepas dari berbagai senyawa penting seperti saponin, minyak atsiri, alkaloid, asam askorbat, dan antioksidan. Menjadi salah satu tanaman yang memiliki beragam khasiat, bahkan dapat mengobati penyakit kronis. Seluruh bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan cara mengonsumsinya atau mengoleskan ke kulit.

Beberapa Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Beragam kandungan yang ada pada daun binahong ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengobati beragam penyakit. Berkat kandungan tersebut, perlu diketahui beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Mencegah Radikal Bebas

    Kandungan antioksidan pada tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk mencegah dan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Ini merupakan suatu kondisi saat tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas.

    Sehingga, kondisi tersebut mampu mengubah sel sehat menjadi sel jahat yang kemudian akan membunuh sel sehat lainnya. Dengan mengonsumsi tanaman tinggi antioksidan ini, Anda bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut.

  • Mengatasi Diabetes

    Penelitian menunjukkan manfaat daun binahong untuk menurunkan kadar gula darah dan mampu mencegah kerusakan sel beta di pancreas yang terjadi akibat diabetes. Manfaat tersebut karena adanya senyawa aktif flavonoid yang bekerja dengan cara menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus.

  • Mengatasi Asam Urat

    Selanjutnya, air rebusan tanaman herbal ini sangat baik untuk penderita penyakit asam urat. Dengan minuman tersebut bisa menurunkan purin yang menjadi salah satu penyebab penyakit ini. Kemudian kandungan flavonoid juga berkhasiat untuk mencegah pembentukan asam urat.

  • Mengatasi Diare

    Manfaat daun binahong berikutnya karena sifat antibakteri dari senyawa alami untuk menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli penyebab diare. Sehingga, bisa Anda jadikan obat alami untuk mengatasi diare akibat bakteri tersebut. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun binahong ini.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

    Pada tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lesu sehingga dapat menganggu aktivitas Anda. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan Anda pingsan. Untuk mencegahnya bisa dengan mengonsumsi makanan atau minimal mengandung mineral, salah satunya ramuan tanaman ini.

  • Menyehatkan Jantung

    Selanjutnya pada antioksidan yang kuat pada tanaman ini memiliki peran penting untuk melindungi otot jantung, arteri, dan saraf dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, kandungan seratnya juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL).

    Bekerja dengan cara menghambat aliran darah penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, kandungan kaliumnya juga berguna untuk menjaga kadar cairan darah. Sehingga tanaman herbal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pada jantung.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar dan Pasca Operasi

    Manfaat daun binahong berikut ini untuk luka pada kulit yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini. Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskan setelah dihaluskan terlebih dahulu pada bagian kulit yang terluka.

    Selain itu, kandungan minyak atsiri dan asam askorbat pada tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk merawat kulit. Kandungan antioksidannya dapat menjaga kulit agar tetap sehat serta mampu mencegah penuaan dini.

Cara Mengolah Daun Binahong untuk Obat

Dengan beberapa manfaat daun binahong, maka Anda juga perlu mengetahui cara mengolahnya. Berikut beberapa cara mengolah daun binahong sesuai kebutuhan untuk mendapatkan efek positif dari tanaman herbal ini.

  1. Air Rebusan

    Cara pertama yang paling mudah adalah dengan merebusnya. Dengan menggunakan 9-11 lembar daun, pilihlah daun yang tidak terlalu muda atau terlalu tua, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan api kecil bersama 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan berkurang hingga menjadi satu gelas.

    Ramuan ini bisa anda minum sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari dengan teratur. Jangan campurkan dengan gula atau bahan lainnya untuk lebih terjamin khasiat alami dari daun binahong.

  2. Tumisan

    Menariknya, daun binahong ini bisa Anda olah menjadi hidangan tumisan yang lezat. Tumis dengan tambahkan bawang putih cincang dan cabai hingga harum. Tambahkan juga gula jawa iris sesuai selera, kemudian masukkan daun binahong yang sudah di cuci bersih.

    Bisa Anda tambahkan saus tiram, kecap manis, minyak wijen, kecap ikan, penyedap rasa, dan garam. Selanjutnya aduk hingga merata, koreksi rasa dan angkat untuk disajikan dengan nasi hangat. Makanan yang sehat sudah siap di hidangkan.

  3. Jus

    Cara mengolah selanjutnya dengan menjadikan jus. Anda bisa mendapat manfaat dari daun binahong dengan mengambil daun secukupnya, lalu masukkan buah dan susu murni sebagai tambahan. Kemudian, blender hingga halus dan siap disajikan dengan meminumnya.

Pada umumnya, dianggap sebagai bahan alami, namun bukan berarti tanaman ini sepenuhnya aman. Hal tersebut karena sebagian orang bisa saja mengalami reaksi yang berbeda. Namun, dengan beberapa manfaat daun binahong bisa saja untuk Anda mencobanya.