May 19, 2024
cara tepat merawat dan membersihkan kaca mobil

Cara merawat kaca mobil merupakan salah satu skill atau kemampuan yang harus Anda ketahui jika ingin kendaraan ini terus awet dan selalu terlihat bersih. Namun, tidak bisa asal-asalan ketika merawatnya, karena malah dapat merusak kondisi mobilnya.

Jika tertarik untuk mengetahui tips perawatan serta cara memilih pembersih di bagian yang biasanya berwarna bening ini, maka silakan simak beberapa penjelasan ringkasnya melalui artikel berikut!

Cara Merawat Kaca Mobil Serta Tips Memilihnya

cara menjaga kaca mobil agar tetap awet dan bebas jamur

Untuk mendapatkan kendaraan yang lebih bersih dan rapi, maka ada dua poin penting atau utama untuk diperhatikan, yaitu:

1. Cara Merawat Kaca Mobil

Untuk pemilik kendaraan pemula ataupun yang sudah bertahun-tahun, maka beberapa tips dan cara untuk melakukan perawatannya adalah:

  • Berhati-hati dengan Goresan pada Kaca Film

    Pada umumnya, kaca film berguna sebagai pelapis bagian dalam kaca supaya terhindar dari goresan. Kehadirannya cukup efektif sebagai upaya preventif berbagai benda, khususnya bersudut tajam menggores kaca tersebut.

    Meskipun begitu, bukan berarti area tersebut terbebas dari goresan tersebut. Ketika ada goresan di bagian tersebut, maka secara otomatis dapat mengganggu penglihatan pengendara. Makanya sangat penting mencegah goresan, walaupun sangat kecil.

  • Menjaga Kebersihannya

    Cara merawat kaca mobil yang kedua ini juga termasuk upaya inti, sebab di area luasnya itu, berbagai kotoran bisa menempel dengan cepat dan mudah, seperti air hujan, debu, serta cipratan cairan dari kendaraan lainnya.

    Apabila hal ini terus Anda biarkan berlarut-larut, secara otomatis kotoran akan lebih sudah untuk dibersihkan. Maka, penting sekali untuk langsung membersihkannya apabila Anda menemukan noda kotoran di kaca. Proses pembersihan yang mudahnya cukup dengan menyiapkan lap basah dan mengelapkan ke area yang kotor agar tidak tersisa goresan sama sekali.

  • Gunakan Lap Bersih

    Selama memakai tips dan cara merawat kaca mobil apa pun, pastikanlah untuk menggunakan dengan keadaan bersih dan berbahan lembut. Sebab, keadaan lap juga berpengaruh besar dalam proses ini.

    Jika tetap memaksakan untuk memakai bahan kasar, maka kemungkinan besar akan terlihat goresan karena material lapnya menggores. Lalu jika memaksakan memakai lap kotor, kotoran di permukaannya dapat membuat goresan juga. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan dua buah ember, satu untuk mengelap, dan satunya membilas.

  • Langsung Keringkan Seusai Basah

    Jamur akan cenderung lebih mudah datang dan menempel pada permukaan yang basah seusai dicuci ataupun akibat terkena hujan di jalanan. Melakukan pengeringan setelah terkena air tersebutlah yang berguna sebagai pencegah munculnya jamur pengganggu.

    Sedangkan ketika jamur sudah terlanjur berkembang, segeralah manfaatkan mak cairan kaca khusus sebagai pemoles area tersebut. Walaupun hasilnya instan dan memuaskan, tapi penggunaannya dilarang terlalu sering karena bisa membuat lapisan kacanya menipis.

  • Selalu Memperhatikan Keadaan Power Window

    Power window memang terkenal jarang rusak, namun harus selalu Anda perhatikan kondisinya ketika mengikuti cara merawat kaca mobil ini. Sebab, jika mengalami kerusakan, maka dapat mendatangkan masalah, misalnya membuat baret pada permukaan kaca akibat pergerakannya tidak berlangsung normal. Perlu juga diperhatikan bahwa masalah ini juga dapat merusak area dalam pada kaca kendaraan.

  • Cek Keadaan Karet Wiper

    Gerakan wiper juga bisa menjadi alasan terjadinya goresan, terutama ketika karet pada wiper sudah mulai mengeras. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan pada karet wiper tersebut.

    Caranya cukup melalui pengujian kelenturan dengan menggerak-gerakkan karet tersebut. Segera ganti jika sudah mulai terasa keras, dengan saran penggantian adalah maksimal setahun sekali.

  • Cek Secara Visual

    Pada cara merawat kaca mobil terakhir, ketika sedang mencuci mobil silakan lakukan pengecekan secara visual, seperti dengan mengecek kondisi kacanya. Cek ada tidaknya potensi terjadi baret, retakan, serta bagian list karet.

2. Tips Memilih Pembersih

Setelah tahu beberapa cara merawat kaca mobil yang efektif, selanjutnya, Anda juga harus tahu langkah untuk mendapatkan pembersih terbaik. Ketika sedang mempertimbangkan pembersih, maka silakan masukkan aspek-aspek berikut:

  • Berasal dari merek tepercaya

    Pastikanlah mereknya sudah tepercaya serta terbukti mampu memberikan hasil memuaskan. Beberapa langkahnya adalah dengan membaca ulasan online, bertanya kepada kenalan, serta tidak langsung tergiur pada harga produk murah.

  • Produknya Ramah Lingkungan

    Pertimbangkan untuk memakai produk ramah lingkungan, sehingga selain membersihkan kaca, Anda tetap bisa ikut serta merawat lingkungan sekitar dengan tidak menambah kerusakan. Menariknya, sejumlah merek sudah menambahkan material organik agar lebih rama lingkungan

  • Produk Mudah Digunakan

    Pilihlah merek yang mempunyai kemasan yang mudah dipakai, misalnya botol squeeze atau semprotan, sehingga Anda tidak akan kerepotan selama mempergunakannya. Jangan lupakan bahwa pembersih tersebut cara pengaplikasiannya juga harus mudah

  • Aman untuk Cat Mobil

    Tidak dapat dipungkiri bahwa selama membersihkan, produk yang sudah tercampur air atau tidak pasti akan mengenai bagian cat mobil. Oleh karena itu, pastikan formulanya aman bagi cat dan tidak merusak lapisannya.

Setelah tahu cara merawat kaca mobil yang efektif serta tipe menemukan produk terbaik, maka silakan segera terapkan agar tampilannya lebih rapi dan bersih.