February 23, 2024

Manfaat ekonomi maritim bagi Indonesia memang sangat tinggi. Terlebih negara ini sebagian besar dikelilingi lautan, jadi menerapkan sistem perekonomian berbasis kemaritiman sangatlah tepat sebagai upaya pemerataan dan kesejahteraan. Bukan hanya itu saja, sistem ini bisa digunakan untuk mempertegas Indonesia sebagai negara dengan luas lautan begitu besar. Sekaligus meneruskan tradisi nenek moyang yang konon adalah seorang pelaut.

Manfaat Ekonomi Maritim yang Sangat Besar

Salah satu manfaat terbesar dalam pemanfaatan sistem perekonomian ini adalah tidak ada adanya kesenjangan harga. Sebagai contoh, saat membeli air minum di kawasan Papua dengan Bali selisihnya sedikit. Dari contoh kecil itu saja, sudah terlihat bagaimana dampak yang diberikan. Walaupun hanya sederhana, namun bagi masyarakat Papua itu sangat berarti besar. Tidak cukup sampai disitu saja, berikut manfaat lainnya.

  • Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

    Manfaat ekonomi maritim bagi bangsa Indonesia adalah mampu meningkatkan lapangan pekerjaan. Hal tersebut memang sangat realistis karena potensinya benar-benar luar biasa, apabila memanfaatkannya benar dan berkelanjutan. Sebagai contoh, dasar laut NKRI ini sangat bagus, bahkan menurut money.uk berada di peringkat pertama sebagai negara paling Indah di dunia. Dari sini, sektor pariwisata pasti akan tumbuh pesat.

    Banyak wisatawan baik dari dalam atau luar negeri datang untuk melihat secara langsung keindahannya. Semakin banyak kunjungan, maka dibutuhkan tenaga untuk membantu membuat mereka merasa nyaman. Inilah manfaat ekonomi maritim dalam meningkatkan lapangan pekerjaan. Kebutuhannya bukan hanya satu atau dua orang saja, melainkan ratusan bahkan jutaan, sehingga terwujudnya Indonesia emas 2024 sangat besar.

    Kebutuhan tenaga ini sangat besar akibat berbagai bidang bisa masuk, mulai dari tenaga untuk menjaga lautan, ada pembangunan sarana kuliner. Selain itu, penambahan armada, sarana dan prasarana. Belum lagi tenaga untuk mempromosikan semua kegiatan dan wisata yang ada serta masih banyak lagi. Menariknya, pertumbuhan lapangan pekerjaan dapat bertambah setiap tahunnya, seuai dengan jumlah kunjungan wisatawan.

  • Dampak Lingkungan Demi Perekonomian

    Manfaat ekonomi maritim berikutnya adalah dampak lingkungan yang semakin terjaga. Ketika seseorang sudah mengabdikan diri di laut, maka mau tidak mau harus ikut menjaga seluruhnya agar tetap eksis. Semakin banyaknya penjaga dan mempertahankan predikat sebagai negara paling indah di dunia. Membuat kondisi bawah laut semakin bagus, menarik sekaligus terjaga untuk jangka panjang bahkan sampai anak cucu nanti.

    Semakin terjaganya dunia bawah laut, menumbuhkan kesempatan berbagai macam jenis hewan dan terumbu karang terus hidup. Bukan tidak mungkin kecantikannya akan terus bertambah seiring kondisi perairan yang semakin bebas polusi. Hal itu akan berkelanjutan dengan para pelaku usaha. Mereka bisa meraup keuntungan dan mengembangkan kembali usahanya tanpa harus merusak kondisi air, inilah masa depan Indonesia, hidup dari sektor kelautan.

  • Mencerdaskan Anak Bangsa dan Mengentaskan Kemiskinan

    Manfaat ekonomi maritim selanjutnya adalah mampu mencerdaskan anak bangsa, baru setelah itu perlahan kemiskinan akan berkurang, mengapa demikian? Nilai gizi dalam ikan sangat bagus untuk dikonsumsi. Bahkan, kandungan nutrisinya lebih baik dibandingkan Ayam atau Daging. Ketika sistem ini dijalankan, perlindungan dan kelestarian laut terus digalakkan, dampak positif akan terasa bagi para nelayan.

    Pertumbuhan ikan bisa melimpah, kalau sudah seperti ini ibu-ibu mau membelinya mudah saja, tidak perlu berpikir soal angka. Ketika anak selalu mendapatkan asupan nutrisi tepat, kecerdasaan akan terbentuk. Jika berada dalam kondisi kurang mampu, melalui kecerdasan itu akan membawa kalian terbebas dari kemiskinan.

    Coba bayangkan kalau seluruh anak Indonesia melakukannya, bukan tidak mungkin negara ini sangat maju. Minim sekali pengangguran, dan angka kemiskinan bisa dibawah 1% atau bahkan 0. Inilah manfaat ekonomi maritim yang perlu dikembangkan lebih jauh, khususnya pemerintah dan umumnya sektor swasta.

  • Pemersatu Bangsa

    Sebenarnya sudah dari dulu sektor laut berperan dalam menjalankan roda perekonomian Indonesia. Hanya saja, saat ini lebih difokuskan lagi, karena mampu memberikan berbagai macam alternatif yang berdampak positif. Mulai dari sarana transportasi, dengan harga lebih terjangkau daripada menggunakan pesawat. Terlebih sekarang hampir semua kapal mempunyai fasilitas terbaiknya dan sistemnya sudah memanjakan seluruh penumpang dari semua kalangan.

    Untuk mengirim barang ke pulau lebih jauh juga mudah saja. Terlebih pengiriman menggunakan kapal ini banyak lebihnya dibandingkan darat atau udara, bahkan semua perusahaan mulai mengembangkannya. Ketika semua ini dapat berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin roda perekonomian akan meningkat. Semua orang dapat merasakan benar bagaimana sistem ini berdampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Walaupun penuh dengan tantangan, namun sistem ini memberikan peluang besar agar Indonesia bagian timur dan barat bisa bersatu padu. Bahkan, mampu merasakan kelancaran pasokan baik pangan atau industri.
Dengan dukungan penuh dari pemerintah serta kolaborasi dengan pihak swasta. Bukan tidak mungkin bila manfaat ekonomi maritim ini akan terwujud, dengan baik dan menjadikan Indonesia emas 2045 bisa terwujud.