May 19, 2024
Terdapat beberapa teknologi mesin mobil canggih kekinian yang akan mempermudah kegiatan Anda.

Dunia serba modern, teknologi mesin mobil sudah mulai berinovasi dan membuat hal-hal baru yang akan mempermudah keefisienan dan kenyamanan di dalamnya. Anda akan semakin dimanjakan oleh fitur canggih ditawarkan beberapa tipe mobil ini.

Bermunculan sederet teknologi otomotif. Yang dulu hanya bisa digunakan dengan cara menyetir dan berkendara di jalan selayaknya. Namun, kini bahkan sudah ada autonomous drive dapat memungkinkan berjalan sendiri tanpa ada pengemudi.

Beberapa Teknologi Mesin Mobil Paling Canggih

Berikut 6 teknologi mesin otomotif terbaru dapat menjadi pertimbangan bagi Anda!

Terdapat beberapa fitur teknologi dibuat untuk kendaraan roda empat berkapasitas cukup besar ini. Hingga akan menambah keunggulan bukan hanya dari sekedar desain tetapi lebih pada operasional yang akan tambah canggih juga kekinian diterapkan.

Anda dapat menyimak beberapa informasi teknologi pada mobil akan Kami sajikan. Terdapat 6 teknologi mesin otomotif terbaru dapat menjadi pertimbangan bagi Anda hendak membeli kendaraan di tahun 2024 ini. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Electronic Control Unit (ECU)

Fitur terbaru pada teknologi mesin mobil sekarang yaitu ECU memungkinkan Anda tidak perlu lagi harus memanaskannya sebelum digunakan. Karena sudah ada system akan mengatur pembakaran dan energi digunakan.

Seperti namanya berguna sebagai pusat kontrol jalannya kendaraan. Jika diibaratkan pada sebuah komputer ECU adalah CPU yang akan menjadi otak dari segala kegiatan. Memiliki segudang fungsi penting menjalankan kinerja dengan baik.

Seperti menentukan waktu penyalaan busi disesuaikan dengan kondisi mesin, pengaruh kinerja kipas mendinginkan, dapat mengidentifikasi kunci mobil, serta dapat menghidupkan alarm pada situasi tertentu

Sehingga Anda kini tidak harus melakukan kegiatan memanaskan mesin sebelum digunakan. Kecuali jika sudah lama tidak digunakan ini akan berbeda dan harus dilakukan pemanasan mesin sebelum digunakan.

2. Mesin Kecil Tinggi Performa

Pada teknologi mesin mobil ini memungkinkan mesin dengan energi dibutuhkan kecil namun performa dihasilkan tinggi. Biasanya menggunakan 300 hp untuk menghasilkan tenaga besar dan kuat pada tipe BMW juga Marcedes Benz.

3. Baterai Listrik Hybrid Kecil

Inovasi teknologi selanjutnya menjadi salah satu kemunculannya mendatangkan pro kontra. Karena hybrid memungkinkan mobil yang biasanya (konvensional) diisi bahan bakar berupa bensin kini dapat berjalan menggunakan bahan bakar utama yaitu listrik.

Batre dibuat menggunakan lithium superionic conductors atau thio-LISICONs, digunakan memangkas bobot serta ukuran baterai . Teknologi mesin mobil memungkinkan dapat mengisi ulang baterai di rumah saja fitur plug-in dengan jarak tempuh sama.

Terdapat dua tipe yaitu ada Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Perbedaan terlihat pada kapasitas baterai dimana HEV tidak dapat disisi secara eksternal sedangkan PEV lebih fleksibel.

4. Teknologi Automatic Safety Braking System

Sebuah sistem membuat agar bisa berjalan lebih hati-hati. Keunggulannya terletak pada rem akan secara otomatis bekerja, ketika ada objek atau orang pejalan kaki ada di sekitaran terdeteksi maka, akan otomatis rem bekerja serta lebih memperlambat laju.

Teknologi mesin mobil membuat pengemudi lebih mudah mengendalikan laju kendaraan dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Menambah keefisienan saat mengendarainya.

5. Fitur Self Leveling Suspension

Membantu untuk tetap memfokuskan agar postur mobil tetap keadaan rata. Saat dimana di salah satu bagiannya terisi oleh beban barang lebih berat. Dengan self leveling suspension maka, sehingga akan tetap dalam postur rata seperti biasanya.

6. Teknologi Air Maintenance

Inovasi teknologi mesin mobil selanjutnya ditujukkan pada ban. Yang akan sangat berguna untuk menjaga angin di dalam ban agar dapat selalu terisi. Air maintenance memungkinkan ketika ban kekurangan angin maka, secara otomatis langsung dapat terisi angin sesuai kebutuhan.

Membantu menjaga kestabilan tekanan angin pada ban. Menggunakan sensor terpasang dalam sebuah rongga kecil setelah itu disambungkan pada roda bagian dalam lalu diletakkan atau ditempelkan pada ban utama. Sehingga dapat mudah mendeteksi tekanan udaranya.

7. Turbo Compound System

Mobil sering kali dalam pengoperasiannya menghasilkan sebuah energi panas biasanya terbuang begitu saja. Energi panas ini dapat diolah kembali menjadi energi baru. Jadi, pada mesin pembakaran menggunakan turbin akan memulihkan energi panas buangan tersebut.

Dengan ini energi panas dihasilkan tidak terbuang sia-sia. Turbo compounding merupakan teknologi mesin mobil canggih meningkatkan keefisienan mengurangi emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, serta dapat meningkatkan tenaga mesin.

8. Sensor Parkir Elektrik

Fitur ini digunakan menggunakan sebuah sensor akan mendeteksi objek benda ada di sekeliling mobil. Membantu Anda saat ingin memarkirkan pada ditempat sempit rawan benturan. Oleh karena itu, sensor penting berguna membantu saat ingin parkir.

Menggunakan beberapa fitur canggih membuat kendaraan roda empat ini kini semakin banyak kemudahan menggunakannya. Apalagi jika digunakan di zaman sekarang, sudah terdapat banyak inovasi teknologi mesin mobil baru cocok untuk mendukung kegiatan Anda.