May 19, 2024
Tottenham Kontra Arsenal

Tottenham melawan Arsenal menjadi pertandingan seru di Liga Inggris pekan ke 35. Tuan rumah Tottenham Hotspur kedatangan tamu dari rival sekota, Arsenal di Tottenham Hotspur Stadium pada Minggu, 28 April 2024.

Pertandingan ini berhasil dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 2-3. Dengan hasil ini membuat Arsenal berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris musim 2023/2024 dengan raihan 80 poin. Sedangkan Tottenham berada di urutan kelima dengan 60 poin.

Gol-gol yang Tercipta di Laga Tottenham Melawan Arsenal

Tiga gol yang dicetak Arsenal berasal dari gol bunuh diri Pierre-Emile Hojbjerg pada menit 15, Bukayo Saka menit 27, dan Kai Havertz menit 38. Untuk tim tuan rumah gol dicetak oleh Cristian Romero menit ke 64 dan Son Heung-min melalui titik putih menit 84.

Namun hasil ini belum bisa membuat Arsenal berada nyaman di puncak klasemen karena masih ada Manchester City yang terus mengintai di posisi kedua. Sisa pertandingan musim ini tentu akan menjadi penentu juara Liga Inggris.

Di laga Tottenham melawan Arsenal ini, Mikel Arteta selaku pelatih tim berjuluk Meriam London memang menurunkan skuad terbaiknya. Hal tersebut mengingat bahwa Arsenal membutuhkan poin penuh untuk bisa memupuk asa menjadi kampiun Liga Inggris 2023/2024.

Sedangkan tuan rumah Tottenham Hotspur yang dilatih Ange Postecoglou datang ke pertandingan dengan misi menjaga asa untuk bermain di Liga Champion musim depan. Namun dengan hasil pertandingan ini membuat asa tim berlogo ayam jantan semakin memudar.

Susunan Pemain Laga Tottenham Melawan Arsenal

Arsenal menurunkan trio terbaiknya pada laga ini untuk mengisi pos depan yaitu Bukayo Saka, Kai Havertz, dan Leandro Trossard. Pos tengah diisi oleh Declan Rice, Martin Odegaard, dan Thomas Partey.

Trio ini bertugas menjadi penghubung antara lini depan dan lini belakang Arsenal. Benteng pertahanan tim meriam London ini diisi oleh Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, dan Takehiro Tomiyasu. Posisi penjaga gawang diisi oleh David Raya.

Sedangkan di laga Tottenham melawan Arsenal ini, pelatih Ange Postecoglou juga menurunkan skuad terbaiknya. Ujung tombak diisi oleh kapten tim, Son Heung-min. Pos tengah diisi Kulusevski, Werner, Maddison, Hojbjerg, dan Bentacur.

Posisi penjaga gawang diisi oleh Vicario yang dikawal oleh Pedro Porro, Cristian Romero, Van den Ven, dan Davies. Skuad ini diharapkan mampu membawa tiga poin penting agar Tottenham bisa ikut di ajang Liga Champion musim depan.

Jalannya Pertandingan Tottenham Melawan Arsenal

Pertemuan panas antara kedua raksasa Liga Inggris ini menjadi sajian menarik di laga lanjutan Liga Inggris. Berikut jalannya pertandingan yang mempertemukan dua tim London ini.

1. Babak Pertama

Jalannya pertandingan, Martin Odegaard dan Bukayo Saka terus mencoba membongkar pertahanan Tottenham Hotspur pada awal pertandingan, tetapi pemain belakang Cristian Romero dan Ben Davies berhasil mengamankan gawang dengan baik. Namun, pertahanan kokoh tersebut tidak membuat Arsenal bergeming, hingga pada menit 15 berhasil menjebol gawang tim berjuluk The Lilywhites. Gol Arsenal tersebut dicetak melalui gol bunuh diri Pierre-Emile Hojbjerg pada menit ke-15, dengan ini The Gunners unggul 1-0.

Pada menit ke 23 laga Tottenham melawan Arsenal, Mickey van de Ven sebenarnya berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan Pedro Porro yang tertepis. Namun, kemudian wasit memeriksa VAR untuk menganulir gol tersebut karena terlihat sang pemain telah berada pada posisi offside.

Menit ke 27, The Gunners berhasil menambah gol melalui tendangan kaki kiri Bukayo Saka yang meneruskan kiriman umpan Kai Havertz dan pada menit ke-38, berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0.

Gol Ketiga Arsenal ini adalah hasil sundulan Kai Havertz dari jarak dekat memanfaatkan umpan Declan Rice yang berhasil menembus gawang Vicario, keunggulan The Gunners ini bertahan hingga babak pertama usai.

2. Babak Kedua

Arsenal masih terus mencoba menekan The Lilywhites di babak kedua, namun sundulan bek asal Jepang, Takehiro Tomiyasu masih belum berhasil membongkar pertahanan Spurs. Lalu pada menit ke-53, Guglielmo Vicario melakukan penyelamatan ciamik saat menepis upaya Bukayo Saka. Tendangan kaki kanan Cristian Romero akhirnya berhasil memperkecil kedudukan. Tendangan Romero berhasil menembus gawang Arsenal setelah memanfaatkan blunder David Raya.

Lalu kedudukan kembali berubah pada menit ke-86, setelah sang kapten, Son Heung-min berhasil menyelesaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Skor 3-2 bertahan hingga pertandingan Tottenham melawan Arsenal usai. Gol ini membuat Son Heung-min telah mencetak sebanyak tujuh gol dalam laga Derby London Utara. Mantan rekan setimnya di Tottenham, Harry Kane, masih memimpin dengan 14 golnya.

Laga Derby London Utara memang selalu menjadi sajian menarik di Liga Inggris. Persaingan hingga tensi untuk menunjukkan siapa tim terbaik di London Utara adalah salah satu tontonan seru bagi para pecinta sepakbola.

Hasil laga Tottenham melawan Arsenal ini membuat The Gunners saat ini menjaga jarak dari Manchester City menjadi satu poin dalam perebutan Juara Liga Inggris musim 2023/2024. Patut dinantikan laga-laga Liga Inggris selanjutnya.