July 14, 2024

Saat memilih untuk belajar di negara asing, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah mengetahui cara menghemat biaya hidup di luar negeri. Ini sangat penting karena saat menjadi mahasiswa Internasional, aspek uang bisa menjadi isu tersendiri.

Memang mengenyam pendidikan ke luar negeri penting untuk mengetahui life hack pelajar internasional agar lebih hemat. Berkesempatan berjalan-jalan ke sekitar tempat study ke luar negeri merupakan keuntungan tersendiri.

Pasti Anda ingin punya uang lebih dan cukup dipakai untuk melakukan beragam hal menyenangkan bersama teman baru. Apalagi jika Anda merupakan salah satu perantau, tentu ingin merasakan pengalaman terbaru.

Life Hack Pelajar Internasional Jadi Hemat

Walaupun punya pekerjaan sampingan bisa berikan dana tambahan, tapi cukup sulit dilakukan karena harus seimbangkan sekolah dan berkerja. Dengan life hack ini, Anda bisa membuat anggaran lebih hemat, seperti:

  1. Manfaatkan fasilitas sekolah dan umum

    Untuk menjaga pengeluaran, maka kurangi pemakaian energi merupakan salah satunya. Apalagi biaya akomodasi serta kuliah kerap kali menjadi beban keuangan, jadi mengurangi sekecil apapun akan sangat berguna

    Misalnya penggunaan listrik ini akan bermanfaat untuk setiap perantau, apalagi jika di negara orang. Ditambah lagi sekarang sistem daring menjadi satu hal yang memudahkan pelajar dan pengajar.

    Untuk itu life hack pelajar internasional yang bisa Anda coba ialah memanfaatkan fasilitas umum dan sekolah. Selain bisa mengurangi biaya listrik juga dapat memaksimalkan waktu belajar karena bisa lebih fokus.

  2. Tinggal di luar kampus bersama teman

    Sering kali akomodasi jadi pengeluaran paling tinggi setelah biaya kuliah ketika mengenyam studi jauh dari rumah atau merantau. Banyak yang tergoda tinggal di asrama, sebab semua keperluan sudah disiapkan.

    Namun Anda akan berubah pikiran apabila tahu hematnya menyewa tempat di luar kampus bersama teman. Apalagi jika apartemennya cocok dan lokasinya tidak jauh dari tempat belajar.

    Pilihan lainnya ialah tinggal di homestay, karena tinggal bersama keluarga angkat bisa belajar lebih banyak mengenai budaya lokal. Bonusnya Anda juga dapat memperoleh makanan dan ini menghemat pengeluaran.

  3. Beli buku bekas atau menyewa

    Selanjutnya life hack pelajar internasional yang bisa Anda coba ialah menghemat biaya literatur. Tidak masalah jika harus menyewa atau membeli buku bekas asalkan dapat mendukung pembelajaran secara maksimal.

    Biasanya ada banyak buku bekas yang dijual atau meminta bantuan senior jika kurikulum pembelajarannya sama. ini akan sangat membantu menekan pengeluaran, Anda tidak perlu mengeluarkan biasa besar untuk mendapat literatur.

  4. Kartu pelajar untuk mendapat diskon

    Satu fasilitas terbaik yang didapat mahasiswa ialah mendapat diskon dengan kartu pelajar. Mulai dari makanan, paket data, transportasi, hingga tiket film juga ada potongan khusus untuk pelajar.

    Menghemat sekitar 10% ini mungkin tidak terlihat besar, tapi jika uangnya dikumpulkan akan lebih berguna. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain, jadi manfaatkan kartu pelajar sebaik mungkin.

  5. Belanja di toko kelontong

    Sesekali makan diluar memang bukan masalah, tapi harus jaga pengeluaran dengan tidak beli di luar atau take away. Jadi life hack pelajar internasional ialah membelinya di toko bahan makanan atau supermaket.

    Jadi itu akan membantu kurangi pengeluaran makan sehari-hari dan agar lebih hemat, pilih merek rumahan. Karena harganya cukup terjangkau dibandingkan lainnya.

  6. Liburan ke tempat gratis

    Pasti Anda juga ingin pergi keluar bersama teman di akhir minggu, apalagi setelah akhir perkuliahan yang melelahkan. Jika tidak punya anggaran efektif, maka bisa membuat uang cepat habis.

    Salah satu keuntungan belajar ke luar negeri ialah menikmati pemandangan baru. Anda bisa berpergian ke tempat wisata gratis, karena selalu ada yang free dan menarik dilakukan di negeri asing.

  7. Manfaatkan credit card untuk mendapat poin

    Untuk life hack pelajar internasional berikutnya ialah Anda bisa mempertimbangkan membuat kartu kredit lokal. Belajar bagaimana belanja berdasarkan anggaran dan batasi pemakaian kartu bisa mendapat poin hadiah.

    Ketika memakai kartu kredit lokal negara tersebut, tidak akan ada tagihan nilai tukar mahal, melainkan poin hadiah. Itu nanti bisa ditukarkan jadi uang tunai, tawaran lain, atau diskon.

  8. Gunakan transportasi umum

    Memanfaatkan transportasi umum, selain nyaman Anda juga bisa mendapatkan tarif lebih terjangkau. Baiknya luangkan waktu agar dapat membiasakan diri menggunakan transportasi umum meskipun membingungkan di awal, tapi sangat menguntungkan.

    Selain itu life hack pelajar internasional untuk menghemat anggaran transport bisa dengan bersepeda. Selain murah, fleksibel, juga membuat tetap sehat, Anda bisa menyewa atau membeli sepeda.

  9. Olahraga di luar ruangan

    Jika ingin tetap sehat, maka berolahraga jadi pilihan tepat untuk Anda. Tapi sebaiknya jangan menggunakan gym karena biayanya akan lebih mahal, jadi baiknya manfaatkan latihan di luar ruangan.

    Sekarang ini banyak taman yang sudah memberikan beberapa peralatan untuk berolahraga. Jadi manfaatkan fasilitas tersebut atau cara lain dengan jogging di sekitar kampus juga dapat membantu tetap sehat tapi murah

Mengenyam pendidikan ke luar negeri memang menjadi salah satu impian hampir semua orang. Karena selain mendapatkan pendidikan yang lebih bagus, Anda juga dapat menikmati pengalaman baru.

Biaya kuliah ke luar negeri memang tidak sedikit, jadi sebagian besar orang pasti ingin menghemat pengeluaran sebaik mungkin. Jika Anda memanfaatkan life hack pelajar internasional tersebut, maka bisa menghemat anggaran.