July 15, 2024

Meski sudah menggunakannya sejak dari kecil, tidak semua orang tahu mengenai manfaat belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena meskipun merasa sudah fasih, ternyata masih banyak sekali hal-hal yang bisa Anda pelajari.

Apalagi dalam kehidupan sebagai makhluk sosial, maka kemampuan berbahasa akan sangat berguna dalam sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, Anda pasti akan bertemu banyak orang dan memerlukan komunikasi.

Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa resmi juga nasional. Mengingat bangsa ini terdiri dari berbagai suku bangsa yang juga kaya akan bahasa daerah, maka Bahasa Indonesia berperan sebagai pemersatu. Dan karena menjadi bahasa resmi negara, maka kedudukannya juga mencakup pada hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan dalam negara.

Mulai dari kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi nasional, media massa, sampai ilmu pengetahuan dan tekonologi. Sehingga manfaat belajar Bahasa Indonesia akan dirasakan secara langsung maupun tidak langsung jika Anda melakukannya.

Misalnya saja dari segi ilmu pengetahuan, maka kemampuan berbahasa yang baik akan membuat Anda lebih memahami suatu bahasan. Apalagi semakin hari dunia juga terus berkembang sehingga manusia harus terus memperkaya dirinya dengan pengetahuan. Hal tersebut juga akan dirasakan dampaknya dalam skala besar apabila dilakukan oleh banyak orang.

Manfaat Belajar Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui bagaimana kedudukannya, tentunya Anda juga harus tahu apa saja manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika mempelajarinya, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Bertumbuhnya Rasa Cinta Tanah Air

    Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, menggunakan bahasanya adalah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air. Apalagi jika mengingat perjuangan para pahlawan hingga negeri ini bisa berada pada titik seperti sekarang.

    Dengan menggunakan berBahasa Indonesia, maka Anda juga secara tidak langsung telah menghargai sejarah. Sehingga salah satu manfaat belajar Bahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air pada diri seseorang.

  2. Memudahkan Komunikasi

    Selain itu, Anda juga bisa merasakan manfaatnya dalam hal berkomunikasi dan juga dalam hal pembelajaran. Karena tentunya dalam sekolah-sekolah pun para pengajar akan berBahasa Indonesia ketika menyampaikan materi pembelajaran. Dan manfaat belajar Bahasa Indonesia dalam hal komunikasi juga tentunya tidak bisa dihindari.

    Karena Anda sendiri pun pasti bertemu orang-orang setiap harinya dan membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik untuk berkomunikasi. Apalagi jika dalam dunia pekerjaan, maka biasanya komunikasi adalah soft skill yang sangat dipakai. Karena dengan begitu, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan instruksi menjadi lebih mudah dipahami.

  3. Menambah Wawasan

    Adapun manfaat belajar Bahasa Indonesia selanjutnya adalah mampu menambah wawasan seseorang. Seperti pada poin di atas bahwa pembelajaran dan juga materi-materi pendidikan di negeri ini tentu akan menggunakan bahasa nasionalnya.

    Oleh karena itu, dengan mempelajari kemampuan berbahasa secara mumpuni, maka semakin banyak juga informasi yang bisa Anda dapatkan. Dan semakin banyak informasi serta pengetahuan yang Anda tahu, maka secara otomatis wawasan juga akan bertambah.

  4. Mampu Menumbuhkan Ide-ide

    Seseorang yang mampu berbahasa dengan baik juga biasanya akan memiliki ide-ide inovatif di dalam kepalanya. Apalagi jika mempelajari bahasa melalui karya-karya sastra seperti puisi, syair, pantun, dan masih banyak lagi.

    Hal tersebut akan membuat otak terbiasa dengan susunan kata yang baik dan juga indah. Sehingga, tidak heran jika para seniman sastra mampu menuangkan berbagai perasaan dalam karyanya dengan sangat indah.

  5. Mengasah Kemampuan Logika dan Nalar

    Manfaat belajar Bahasa Indonesia selanjutnya adalah untuk mengasah logika juga nalar seseorang. Karena sebenarnya tanpa sadar, Anda akan berusaha memaknai makna dari setiap kata ataupun kalimat ketika sedang membaca suatu teks.

    Selain itu, ketika berbicara ataupun menulis maka seseorang akan dituntut untuk memberikan susunan kalimat yang mudah dipahami. Sehingga dalam hal-hal seperti ini, logika dan nalar seseorang akan bekerja lebih aktif untuk mewujudkannya.

  6. Mengurangi Rasa Gugup

    Seseorang yang berbahasa dengan baik biasanya akan terbantu dalam keterampilan bicaranya. Keterampilan tersebut adalah berupa menyampaikan kembali suatu informasi secara lisan di hadapan umum. Kegiatan berbicara ini juga akrab disebut public speaking. Tidak semudah kedengarannya, public speaking merupakan salah satu keterampilan yang cukup sulit dikuasai.

    Kebanyakkan orang lancar berbicara ketika bersama dengan temannya tetapi gugup ketika harus berbicara di depan umum. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, kemampuan berbahasa dapat menjadi solusi terbaik. Karena seseorang akan cenderung merasa lebih percaya diri dalam berbicara jika dirinya memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

Dari pembahasan mengenai manfaat belajar Bahasa Indonesia di atas, Anda bisa melihat bahwa kemampuan berbahasa memang memiliki peran besar. Oleh karena itu, pelajarilah dengan baik agar bisa memberikan banyak manfaat kepada Anda di masa depan.