April 18, 2024

Cara membuat MPASI tanpa blender perlu diketahui orang tua yang memiliki bayi berusia sekitar enam bulan dan dianggap sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping. Hal ini supaya kebutuhan nutrisi si kecil dapat terpenuhi selain dari ASI. Mengolah makanan pendamping bayi tentu tidak boleh sembarangan. Cita rasa tidak boleh terlalu tajam, tekstur makanan harus lembut serta menyesuaikan usia agar si kecil mudah mengonsumsi.

MPASI merupakan asupan makanan selain ASI eksklusif yang mulai diberikan pada bayi saat berusia enam hingga 24 bulan. Tujuan dari pemberian ini adalah untuk melatih keterampilan mengunyah bayi. Diberikan saat usia enam bulan supaya menghindari beberapa risiko seperti jika saluran pencernaan si kecil belum sempurna, maka pencernaan akan bekerja keras mengolah makanan sehingga menimbulkan gangguan pencernaan.

ASI diberikan sebanyak 60 hingga 70 persen pada bayi usia enam bulan ke atas, sekitar 30 atau 40 persen berupa makanan pendamping. Masa pengenalan harus terlewati si kecil supaya tidak sulit menelan makanan padat. Makanan pendamping ASI juga tidak boleh sembarangan. Untuk itu Anda perlu mengetahui proses membuat MPASI yang aman agar dapat membuat sesuai selera, namun tetap terjaga kebersihan dan nutrisi untuk bayi.

Hal-hal yang Perlu Diketahui pada Cara Membuat MPASI

Anda perlu menghindari memberikan makanan padat atau minuman selain ASI saat bayi masih berusia kurang dari enam bulan. Sebab bayi lebih berisiko mengalami alergi makanan seperti kacang, ikan, susu sapi, dan keju pada usia dibawah enam bulan. Bayi yang siap untuk mengonsumsi makanan pendamping ASI bisa Anda lihat dengan ciri-ciri mampu meraih makanan dan memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Karena koordinasi antara mata, mulut dan tangan telah terbentuk. Ciri berikutnya adalah bisa duduk sendiri tanpa bantuan dan posisi kepala telah tersangga dengan baik oleh tubuh, lalu bayi tertarik pada makanan yang akan dikonsumsi. Bayi juga mampu menelan makanan tersebut, karena jika tidak bayi akan mengeluarkan kembali makanan tersebut.

Oleh karena itu, jangan terlalu terburu-buru dalam membuat MPASI karena Anda perlu mempertimbangkan perkembangan buah hati terlebih dahulu agar tidak salah dalam memberi MPASI. Sebagian besar orang tua banyak menggunakan blender saat mengolah MPASI, namun penggunaan blender untuk proses pembuatan MPASI sangat tidak direkomendasikan.

Hal tersebut karena alat satu ini dapat memecah kandungan nutrisi pada MPASI. Penggunaan blender juga akan membuat makanan menjadi terlalu lembut sehingga bayi lebih sering mengemut makanan dibanding mengunyahnya. Berikut cara membuat MPASI makanan pendamping ASI untuk coba buat di rumah.

  1. Membuat Bubur Pisang

    Pisang menjadi salah satu buah yang baik untuk dijadikan MPASI karena pisang banyak mengandung kalium dan serat. Pisang terkenal buah dengan kandungan antasida alami yang mudah dicerna di lambung. Tetapi Anda perlu mengetahui untuk tidak memberikan buah ini secara berlebihan karena si kecil dapat mengalami sembelit. Bubur pisang menjadi salah satu cara membuat MPASI menggunakan buah ini.

    Pertama siapkan satu buah pisang kecil serta ASI atau susu formula. Kupas pisang terlebih dahulu lalu potong kecil lalu letakkan dalam mangkuk. Kemudian hancurkan pisang tersebut menggunakan garpu hingga halus. Tambahkan sedikit ASI atau susu formula agar mengencerkan tekstur serta menambah rasa yang telah dikenal si kecil. Sajikan bubur pisang sebagai sarapan bayi bersama dengan ASI atau susu formula.

  2. Membuat Bubur Alpukat

    Alpukat adalah salah satu jenis buah dengan kandungan lemak baik yang bagus untuk otak dan perkembangan fisik bayi. Alpukat yang matang sempurna adalah jenis buah favorit bagi bayi karena tekstur lembutnya. Cara membuat MPASI menggunakan buah ini adalah dengan mengolahnya menjadi bubur alpukat. Langkah pertama adalah sediakan satu buah alpukat organik, ASI, susu formula atau air mineral. Pisahkan daging buah dari kulit alpukat terlebih dahulu.

    Letakkan daging buah dalam mangkuk lalu hancurkan menggunakan garpu hingga halus. Tambahkan sedikit ASI dan susu formula atau air untuk membuat tekstur menjadi encer. Setelah hancur, tuang alpukat dalam wadah pembuat es batu. Lapisi wadah dengan plastik sebelum bekukan dalam freezer. Penyajiannya cukup dengan melelehkan atau cairkan bubur alpukat tadi dan letakkan di atas mangkuk berisi air panas lalu tambahkan ASI atau susu formula.

  3. Membuat Bubur Ubi Panggang

    Ubi adalah makanan yang kaya kandungan vitamin khususnya vitamin A, antioksidan dan serat yang dapat menyehatkan pencernaan si kecil. Bubur ubi panggang menjadi salah satu cara membuat MPASI. Pertama siapkan dua ubi berukuran sedang dan ASI atau susu formula. Panaskan oven terlebih dahulu hingga menunjukkan di suhu 200 derajat celcius, setelah itu ubi dibersihkan dan tusuk dengan menggunakan garpu.

    Masukkan ubi tersebut di atas loyang panggangan, lalu panggang selama kurang lebih 45 menit atau hingga ubi berkerut dan empuk. Setelah empuk keluarkan dari oven dan pisahkan dari kulitnya. Ubi yang telah bersih dari kulitnya masukkan ke dalam mangkuk dan hancurkan menggunakan garpu hingga halus. Lalu tambahkan sedikit ASI atau susu formula untuk membuat tekstur sedikit encer, kemudian langsung sajikan kepada si kecil.

Pemberian MPASI memiliki tujuan untuk melatih serta membiasakan bayi mengonsumsi makanan dengan kandungan zat gizi sesuai pertambahan usianya. Selain bahan mudah didapatkan, cara membuat MPASI yang aman di atas dapat Anda coba buat sendiri di rumah.