July 14, 2024

Cabang olahraga triathlon merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup ekstrim karena menggabungkan tiga cabor sekaligus dalam satu perlombaan yaitu berenang, bersepeda dan lari. Mendengar olahraganya saja cukup melelahkan, apalagi selama transisi dari satu olahraga ke olahraga lainnya harus dilakukan dengan benar. Oleh sebab itu seseorang yang akan mengikuti perlombaan triathlon harus melalui latihan cukup intens.

Kenalan dengan Cabang Olahraga Triathlon Dan Manfaatnya

Merupakan gabungan dari olahraga berenang, sepeda dan lari yang dilakukan oleh peserta dalam satu waktu, cabor ini otomatis akan menguras stamina tubuh. Oleh sebab itu, para pesertanya wajib memiliki stamina sangat kuat sekaligus kecepatan.

Sudah dimulai dan populer saat tahun 2000 sebagai salah satu cabang olahraga di Olimpiade. Sejak saat itu banyak orang akhirnya sangat tertarik untuk menekuni cabang olahraga triathlon ini. Meski terlihat sangat melelahkan, jika Anda sudah terbiasa triathlon bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan juga. Selain itu ada banyak manfaat bisa Anda dapatkan dengan menekuni cabor ini.

  • Jantung menjadi lebih sehat

    Dengan rutin berolahraga jantung akan lebih sehat dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Apalagi olahraga triathlon membuat Anda harus mengikuti latihan yang cukup intens karena harus meningkatkan stamina tubuh. Dengan jantung yang sehat stamina tubuh Anda juga otomatis akan meningkat sehingga tubuh akan menjadi lebih sejat.

  • Berat badan terjaga

    Dengan menekuni cabang olahraga triathlon Anda bisa menurunkan berat badan dan membuatnya tetap stabil. Menggabungkan tiga jenis cabor seperti berenang, sepeda dan lari sangat ampuh untuk bisa menurunkan berat badan. Karena saat melakukan latihan setiap minggunya, ketiga jenis cabor ini sama-sama mampu membakar kalori.

  • Tubuh menjadi lebih kuat

    Pelatihan olahraga triathlon juga akan membaut tubuh Anda menjadi lebih kuat, karena gabungan tiga cabor ini secara tidak langsung akan meningkatkan kekuatan otot serta saraf dalam tubuh. Berenang memiliki manfaat untuk menguatkan tubuh bagian atas, sedangkan lari serta bersepeda sangat baik untuk menguatkan tubuh bagian bawah serta melatih ketangkasan.

Tips Latihan Triathlon untuk Pemula

Bagi pemula yang baru menggeluti dunia cabang olahraga triathlon tidak bisa langsung melakukan olahraga ekstrim ini secara intens. Anda perlu meningkatkan stamina tubuh dan kecepatan secara perlahan melalui program latihan secara matang. Berikut ini beberapa tips latihan triathlon untuk pemula yang aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

  • Menyusun program latihan secara rapi

    Jika Anda memang sudah rutin berolahraga, sudah pandai renang dan berlari program latihannya bisa memakan waktu enam minggu saja. Namun, bagi Anda yang baru mulai membangun kebiasaan berolahraga biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan.  Waktu latihan ini digunakan untuk bisa meningkatkan stamina tubuh dan membuat badan fit untuk bisa melakukan triathlon.

    Satu lagi, jika Anda tidak bisa berenang atau perenang lemah bisa luangkan waktu untuk berlatih. Berenang merupakan salah satu cabor paling berisiko daripada dua cabor lainnya. hal ini dikarenakan berenang dapat menimbulkan rasa lelah sehingga akan mengganggu ritme kecepatan saat bersepeda dan lari.

  • Tetapkan target latihan

    Menetapkan target akan membantu latihan cabang olahraga triathlon, untuk berenang Anda bisa memulai dengan target jarak 500 meter, kemudian bisa ditingkatkan mencapai 3.800 meter. Peningkatan ini bisa Anda lakukan dengan melakukan latihan secara intens lima kali dalam seminggu. Tidak hanya berlatih di kolam renang, jika Anda sudah mahir bisa mencoba untuk berenang di perairan terbuka hingga berlatih di tempat yang banyak orang untuk membuat simulasi seperti balapan sebenarnya.

    Target latihan bersepeda bisa mulai dari jarak 20 kilometer lalu ditingkatkan menjadi 180 kilometer. Selain itu, latih juga bagaimana cara transisi dari berenang ke sepeda agar bisa menguatkan kaki saat keluar dari air. Terakhir target latihan lari bisa mulai dari 5 kilometer lalu diubah menjadi 42 kilometer. Intensitas berlari bisa mulai dari sekali dalam seminggu menjadi tiga sampai dengan empat kali dalam seminggu.

  • Berlatih cara transisi

    Menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus yaitu berenang, sepeda dan lari membuat Anda harus mengetahui cara transisi yang baik. Area transisi biasanya digunakan peserta untuk beristirahat, namun sebenarnya area ini bukan area untuk beristirahat. Area ini merupakan tempat untuk masuk dan keluar dengan waktu secepat mungkin. Karena cabang olahraga triathlon menuntut Anda harus pintar mengatur waktu agar tidak terbuang banyak.

    Beberapa latihan yang berguna agar waktu transisi Anda menjadi lebih cepat dan efisien adalah berlatih melepaskan pakaian renang, berlatih memakai kacamata dan helm, berlatih berlari dengan sepeda, berlatih turun dari sepeda, berlatih melepas perlengkapan sepeda, berlatih untuk lebih cepat memakai perlengkapan lari. Walaupun terlihat sepele namun latihan transisi dengan baik akan membuat waktu di area transisi menjadi lebih efisien sehingga Anda bisa mencapai finish lebih cepat.

  • Memilih balapan paling sesuai

    Setelah melakukan program latihan cukup intens, Anda bisa mulai memilih balapan pertama yang sesuai. Pilihlah balapan paling cocok diikuti oleh pemula, pastikan untuk menghindari balapan yang mengharuskan Anda berenang di laut, jalur sepeda melewati pegunungan yang curam dan hindari lari melewati pasir. Yang paling penting adalah periksa batas waktunya, dua setengah jam atau tiga jam untuk kategori cabor sprint triathlon adalah yang paling ideal.

Berhasil melakukan cabang olahraga triathlon selain membuat badan menjadi lebih fit juga menjadi pencapaian sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.