July 14, 2024

Ada beberapa contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang perlu Anda ketahui. Seperti kita tau, teknologi memang semakin lama semakin canggih mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Dengan adanya kecanggihan teknologi ini, tentunya semaki membantu pekerjaan kita. Kecanggihan itu kini sudah muali diterapkan di berbagai aspek kehidupan, antara lain seperti di dunia kesehatan, perkantoran.

Di rumah tangga, dunia pendidikan dan lain sebagainya, kini sudah mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dalam artikel kali ini kita akan bahas beberapa contoh penerapan teknologi dalam dunia pendidikan.

Contoh Penerapan Teknologi di Bidang Pendidikan

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, kecanggihan teknologi sudah mulai diterapkan di berbagai macam aspek. Di bawah ini contoh penerapannya di bidang pendidikan, antara lain sebagai berikut :

  1. Audio System Sekolah

    Contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang pertama adalah audio system sekolah. Teknologi ini begitu penting untuk ada di sekolah, selain dapat memudahkan memberikan informasi kepada para siswa.

    Audio system juga bisa menjadi media peringatan bahwa ada bahaya. Tidak hanya itu, audio system juga dapat menjadi penunjang bakat serta minat siswa yang ingin meneruskan karirnya di industri penyiaran.

  2. Proyektor Untuk Mempresentasikan Materi

    Saat ini sudah hampir semua sekolah menyadari pentingnya proyektor guna mempermudah mempresentasikan materi pelajaran. Namun sayang masih banyak sekolah yang kualitas proyektornya masih kurang memadai, hal itu menyebabkan.

    Gambar hasil proyeksinya kurang tajam dan juga sulit terlihat oleh semua siswa, khususnya siswa yang ada di belakang. Maka dari itu pastikan memahami jenis proyektor yang pas untuk suatu ruangan.

  3. Pembelajaran Berbasis Digital menggunakan Papan Tulis Interaktif

    Contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang berikutnya adalah pembelajaran berbasis digital menggunakan papan tulis interaktif. Beberapa kampus masih tetap menerapkan belajar online, khususnya di kelas paralel atau kelas karyawan.

    Papan tulis interaktif ini bisa menjadi solusi bagaimana belajar online menjadi lebih menyenangkan, mudah dipahami. Serta dapat meningkatkan interaksi, antara pengajar dan juga peserta didik.

    Papan tulis interaktif juga dapat digunakan pada pembelajaran tatap muka yang bisa membantu siswa lebih mudah. Dalam memahami pembelajaran secara audio visual tentunya dengan materi-materi digital yang interaktif.

  4. Metaverse

    Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan yang satu ini, sebenarnya apa itu metaverse? Metaverse bisa didefinisikan sebagai ruang virtual yang dapat kita masuki, tidak semata-mata kita melihat di layar. Metaverse ini ialah gabungan dari beberapa macam teknologi, misal seperti video, virtual reality serta augmented reality. Kemudian bagaimana implementasinya di dalam dunia pendidikan? Sejauh ini, implementasinya masih belum banyak digunakan.

    Apalagi di Indonesia, namun contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan ini bisa dibayangkan. Guru mengajak muridnya untuk mengenal, bagaimana proses terjadinya ledakan dan mewawancarai langsung ahlinya hanya lewat dunia virtual. Dengan metaverse, murid seakan-akan dapat melihat langsung bagaimana terjadinya sebuah ledakan terjadi. Dan sembari mendengarkan secara langsung penjelasan dari ahlinya, itulah kurang lebih contoh Metaverse.

  5. Cloud based Learning

    Berbeda dengan metaverse, cloud based learning bisa dibilang sudah cukup sering kita jumpai di Indonesia. Memang seperti apa bentuk dari cloud based learning itu sendiri. Di Indonesia sendiri, cloud based learning ini merupakan sistem pembelajaran e-learning. Salah satu contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang satu ini ialah seperti Google Classroom.

    Dengan cloud based learning, guru atau pendidik bisa mengunggah materi pembelajaran atau tugas ke cloud based classroom. Setelah selesai diunggah, siswa bisa mengakses materi pembelajaran itu di media tersebut. Bila nantinya ada tugas, siswa juga dapat mengumpulkan tugas tersebut lewat platform Google Classroom. Dengan begini, proses pembelajaran akan lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

  6. Blended learning

    Contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang selanjutnya adalah Blended learning. Blended learning ini mengacu pada pembelajaran daring digabung dengan pembelajaran tatap muka. Pada metode pembelajaran Blended learning ini. Siswa tetap dapat memperoleh pembelajaran di kelas lewat berbagai macam cara seperti diskusi, ceramah, tugas maupun demonstrasi. Di lain sisi, siswa juga menerapkan e-learning dengan resources yang telah disediakan guru.

    Dengan adanya campuran antara 2 metode ini, siswa tidak hanya bergantung pada situasi pembelajaran di kelas saja. Namun siswa juga dapat belajar di manapun dengan memanfaatkan materi pembelajaran. Yang sebelumnya sudah diberikan oleh guru mereka, metode ini dinilai sebagai salah satu metode pembelajaran. Yang dapat menciptakan pengalaman belajar fleksibel dan juga interaktif. Metode pembelajaran ini dinilai lebih efektif.

  7. Gamification

    Contoh penerapan teknologi di bidang pendidikan yang terakhir adalah gamification. Gamification di bidang pendidikan ini merujuk pada metode pembelajaran yang memang dirancang sedemikian rupa seperti sebuah game.

    Tujuan utamanya ialah untuk membuat pembelajaran tidak terkesan membosankan. Jadi secara tidak langsung, gamification bisa mengajak anak untuk mempelajari teknologi sembari belajar tentang materi pembelajaran yang tengah dibicarakan.

    Kini Anda sudah tau, sudah begitu banyak kecanggihan teknologi yang sudah diterapkan dalam dunia pendidikan. Kemungkinan besar nantinya, kecanggihan teknologi di bidang pendidikan itu akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.