February 23, 2024

Antusiasme masyarakat terhadap produk kuliner memang cukup tinggi, hal ini tentu bisa menjadi peluang yang bagus untuk membangun bisnis makanan. Meskipun demikian, Anda perlu mencari ide jajanan kuliner yang tepat agar mendapat respons positif dari konsumen.

Mencari ide bisnis memang bukan hal yang mudah namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Untuk mencari ide jajanan yang tepat, Anda perlu melakukan beberapa riset untuk melihat seberapa besar minat masyarakat terhadap suatu produk kuliner yang Anda ingin jual.

Ide Jajanan Kuliner Terlaris untuk Bisnis

Masyarakat di setiap daerah memiliki minat kuliner yang berbeda-beda, itu artinya bisnis kuliner yang berhasil di kota A belum tentu diminati di kota B. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan tes pasar terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis.

Sebelum melakukan tes pasar coba cari tahu apa saja jenis jajanan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Berikut beberapa ide jajanan kekinian yang paling diminati konsumen saat ini.

  • Croffle

    Jika target pasar Anda dari kalangan anak muda, maka tak ada salahnya membuka bisnis croffle. Jajanan kekinian ini merupakan perpaduan antara croissant dan waffle yang diberi tambahan topping aneka rasa.
  • Cold Pressed Juice

    Selain camilan, minuman sehat kekinian juga sedang diminati masyarakat. Membuka bisnis cold pressed juice bisa menjadi ide yang tepat terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, cukup beli mesin juicer untuk memulainya.
  • Kombucha

    Selain jus buah segar, kombucha juga termasuk salah satu minuman sehat yang sedang tren di masyarakat. Minuman ini terbuat dari teh yang dicampur dengan mikroba dan ragi sehingga mengandung probiotik yang tinggi. Kandungan tersebut dipercaya bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Cheese Drink dan Cheese Meals Kekinian

    Hampir sebagian jajanan kuliner kekinian pasti mengandung keju. Itu artinya, masyarakat Indonesia menyukai makanan dan minuman yang mengandung bahan tersebut. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis dengan membuat produk cheese drink dan cheese meals kekinian.
  • Seblak Kering

    Hampir semua orang suka dengan camilan kekinian satu ini tak heran jika produk seblak kering selalu laris di pasaran. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tergolong ramah di kantong. Namun, Anda harus pintar membangun branding agar produk diminati banyak orang. Karena bisnis ini memiliki banyak saingan sehingga dibutuhkan keunikan untuk menarik minat konsumen.
  • Bakso Aci Instan

    Selain seblak, bakso aci juga menjadi salah satu jajanan kekinian yang diminati semua kalangan. Karena memiliki banyak peminat maka potensinya cukup bagus untuk membuat bisnis skala besar. Namun, untuk merealisasikannya Anda perlu menyiapkan dana besar sebagai modal awal bisnis.
  • Pizza Mini

    Makanan khas Italia ini identik sebagai jajanan mahal, sehingga sebagian kalangan masyarakat tidak bisa menjangkaunya meski ingin membelinya. Anda bisa menjualnya dengan harga murah jika membuatnya dalam versi kecil.Dengan begitu, cakupan target pasar Anda akan semakin luas karena bisa dinikmati oleh semua orang. Agar lebih bervariasi sebaiknya tambahkan menu pizza manis dengan aneka topping buah dan cokelat agar terlihat lebih unik.

Dari beberapa ide di atas, mana yang paling menarik untuk dijadikan bisnis? Sebelum memilih lakukan pertimbangan yang matang terlebih dahulu, bila perlu mintalah saran dari orang-orang terdekat.
Agar bisnis bisa berjalan lancar Anda harus mengetahui seperti apa minat masyarakat terhadap produk kuliner. Dengan cara ini Anda bisa memilih jajanan kuliner yang tepat untuk dipasarkan ke orang-orang di lingkungan tersebut.